6 Kesalahan dalam Diet Wajib Anda Tahu

Berat badan tak kunjung menyusut padahal Anda sudah menjalani program diet yang ketat? Jangan putus asa, mungkin Anda salah paham engan cara berdiet yang benar.
Nah, berikut beberapa kesalahan yang paling mengacaukan program diet. Apa saja?

Melewatkan waktu malam

Banyak penelitian menyebutkan bahwa melewatkan waktu makan malah akan membuat Anda makan dengAn porsi lebih besar saat makan berikutnya.

Hal ini terjadi karena ketika melewatkan waktu malam, tubuh Anda akan memberi sinyal kelaparan. Tubuh memperbanyak penyimpanan lemak karena mengira Anda kelaparan. Dengan sendirinya ini memperlambat metabolisme hingga tak banyak energi keluar.

Solusi: Makan yang benar namun menyenangkan. Sarapan, cemilan buah atau yogurt sekitar pukul 10, makan siang, cemilan lagi pukul 16 lalu makan malam sebelum pukul 20.

Dengan begitu proses metabolisme lebih terkontrol sehingga lemak bisa terbakar dengan lebih mudah.

2. Melupakan olahraga

Kadang Anda sudah habis-habisan mengurangi porsi makan, namun berat badan masih tetap saja. Ini karena Anda melupakan olahraga.

Mengurangi makan tanpa melakukan aktifitas fisik, maka energi yang keluar juga sedikit. Akibatnya berat badan susah turun.

Olahraga adalah solusinya. Karena dengan olahraga meningkatkan pengeluaran energi. Simpanan lemak yang menumpuk akan ikut terbakar.

Olahraga juga dapat mencegah penurunan masa otot. Diet ketat tanpa olahraga, hasilnya tidak akan optimal dan menyebabkan berat badan naik lebih besar dari sebelumnya.

Solusi: Sempatkan untuk berolahraga. Jika Anda sibuk, cukup melakukan olahraga ringan tapi sering seperti jogging bersepeda, berenang atau jalan cepat minimal 30 menit setiap hari.

Dengan olahraga teratur, dijamin Anda akan mendapat tubuh ideal lebih lebih cepat dan mempertahankan dengan mudah.

3. Makan terlalu cepat

Makan terburu-buru bisa membuat Anda tak merasa kenyang dan porsi makan jadi tidak terkontrol. Tubuh waktu 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang ke otak. Jadi bila Anda makan terlalu cepat, saat berikutnya Anda dengan ingin mengudap. Ini bisa mengacaukan jadwal diet.

Solusi: Ubah kebiasaan makan Anda,nikmati makan dengan tenang dan santai. Kunyah makanan secara perlahan. Selain memberi kesempatan tubuh mengirim sinyal kenyang ke otak, makan perlahan memberi kesempatan enzim pencernaan bekerja sempurna. Lagipula makan pelan bisa menghemat pemasukkan sebanyak 200 kalori sehari.

4. Kurang minum air

Kurang minum air ternyata membuat tubuh menahan lebih banyak metabolisme atau penyerapan nutrisi kurang berjalan lancar sehingga menghambat program diet Anda.

5. Tak bisa menolak

Terkadang Anda sering ‘mengampuni diri’ sehingga pola makan tidak terkontrol. Memang tidak mudah menolak ajakan makan apalagi untuk merayakan hal penting seperti ulang tahun dan pesta lainnya. Rasa sayang melihat makanan mubazir, bisa-bisa mengacaukan program diet.

6. Solusi

Jangan sungkan menolak tawaran, apalagi makanan pantangan seperti kue cokelat berlumur krim atau makanan berlemak. Katakan saja Anda sedang diet dengan kalimat yang sopan. Atau pilih makanan yang tidak mengganggu pola diet Anda.

7. Terlalu disiplin

Sangat disiplin dalam berdiet bisa membosankan dan membuat mood memburuk. Anda pun rawan ‘tergelincir’ sehingga bisa menggagalkan seluruh diet Anda. Diet harus menyenangkan.

Solusi: Boleh-boleh saja menikmati menu favorit Anda, tapi pastikan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan tentu berolahraga sesudahnya.

Posted on 14 Mei 2012, in KESEHATAN, UNIK and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: