Rajin Bercinta, Pereda Stres dan Tangkal Susah Tidur

Rajin Bercinta, Pereda Stres dan Tangkal Susah Tidur
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Aktifitas bercinta alias berhubungan intim tak cuma bisa melanggengkan hubungan suami istri, tapi juga amat menyehatkan. Sekali lagi, tentu saja menyehatkan dalam konteks suami istri, tapi tidak dengan wanita atau lelaki idaman lain. Apa saja fakta menyehatkan dari aktifitas bercinta? Berikut ini penjelasannya:
– Memperkuat otot panggul
Tak perlu lari di atas treadmill jika tujuan kita adalah memperkuat otot dasar panggul. Berolahraga untuk memperkuat bagian ini bisa dilakukan sembari duduk atau bahkan saat bercinta. Percaya atau tidak, selama melakukan hubungan intim dengan pasangan, kita juga melakukan olahraga Kegel yang meningkatkan gairah saat bercinta. Selain itu, otot dasar panggul yang kencang juga akan meningkatkan kontrol pada kandung kemih.
– Menghindarkan flu
Diam-diam bercinta bisa jadi solusi tepat untuk menghadang flu. Menurut Universitas Wilkes, jika kita melakukan hubungan seks dengan suami 1-2 kali seminggu, level antibodi atau immunoglobulin A (IgA) ikut naik sebesar 30%. IgA adalah antibodi yang bisa melindungi kita dari flu atau infeksi lainnya.
Jadi, dibanding buru-buru menenggak obat pereda flu, ada baiknya kita mencoba aktivitas yang satu ini terlebih dahulu.
– Meningkatkan kualitas tidur
Berterimakasihlah kepada hormon oksitosin. Level ini naik ketika kita sedang menikmati hubungan seksual. Kenaikan ini membantu kita tidur lebih nyenyak. Mendapatkan tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jika kita merupakan salah satu orang yang sulit tidur, ajaklah pasangan untuk bermesraan di malam hari.
– Mengurangi risiko penyakit jantung
Penelitian asal Inggris mengatakan, orang yang melakukan hubungan seksual sebanyak 3 kali atau lebih setiap minggu akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga setengahnya. Angka yang benar-benar mengejutkan. Aktivitas ini juga bisa membantu kita mengurangi risiko terkena penyakit stroke.
– Memperpanjang usia
Selain menyenangkan, berhubungan intim juga bisa membuat kita hidup lebih lama. Hal ini diungkapkan Dr. Michael Roizen, ahli anestesi dari Cleveland Clinic dan Dr. Mehmet Oz, ahli bedah jantung dari New York-Presbyterian Hospital. Wanita yang menikmati kehidupan seksnya bisa hidup lebih lama ketimbang wanita yang tidak melakukannya.
Selain itu, Hubungan seksual bisa membuat wanita terlihat 2-8 tahun lebih muda. Hmm, cara awet muda yang menyenangkan.
– Meredakan stres
Stres yang terlalu lama tidak baik bagi kesehatan. Namun, bercinta bisa menekan tekanan darah kita dan mengurangi stres. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal Biological Psychology. Selain itu, sepanjang berhubungan intim, tubuh juga melepaskan hormon endorfin yang akan memuat kita merasa relaks dan melupakan segala kekesalan yang terjadi sepanjang hari.

Posted on 18 Maret 2012, in LIFE STYLE. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: