Balar Medan Temukan Jejak Manusia Prasejarah di Bener Meriah

Redelong, (Analisa). Balai Arkeologi (Balar) Medan, Sumatera Utara menemukan sejumlah fragmen gerabah dan tulang manusia prasejarah saat melakukan ekskavasi (penggalian dan penelitian) di gua Keleton atau gua Batak yang berlokasi di Blang Jorong,  Bener Meriah sejak, Sabtu (10/3).
“Kami menemukan benda yang diduga sebagai peninggalan manusia prasejarah di gua tersebut. Dan gerabahnya mirip dengan yang kami temukan di Loyang Mendale Kebayakan, Takengon,” ujar salah seorang peneliti Taufiqurrahman, Senin (12/3).

Taufiqurrahman mengaku gembira dan makin bersemangat untuk terus mencari informasi adanya jejak manusia prasejarah di kabupaten penghasil kopi tersebut.

Sementara Ketua Tim Arkeolog, Ketut Wiradnyana menyatakan, dalam rangkaian penelitian kali ini pihaknya kembali melakukan penggalian di loyang Ujung Karang Kebayakan. 

“Saya masih penasaran dengan loyang tersebut, karenanya dalam beberapa hari ke depan saya akan menggalinya kembali,” ujar penulis buku “Gayo Merangkai Identitas” tersebut.

Menurut Ketut, yang istimewa dalam penelitian kali ini adalah akan hadir dua orang profesor arkeolog ke dua kabupaten ini. Yakni, Prof. Mukhtar Saidin dari University Science Malaysia (USM) dan Prof. Dr. Haritruman Simanjuntak dari pusat penelitian Arkeologi Nasional.

Ketut Wiradnyana mengungkapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah yang sangat mendukung dilakukannya penelitian tersebut. “Melalui Pak Fitra Gunawan selaku asisten II di Pemkab Bener Meriah, kami banyak dibantu dalam kegiatan penelitian ini,” kata Ketut Wiradnyana.

Posted on 14 Maret 2012, in BERITA, SOSIAL DAN BUDAYA, UNIK. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: